Belajar Sholat

assalamu'alaikum....
JANGAN LIAT TULISANNYA TAPI LIATLAH MAKNANYA....
Saat Sholat, sering kali kita tidak menyadari bila sholat kita telah di nodai oleh syetan2 yang memang dari dulu mereka telah berikrar untuk selalu menggangu anak cucu Nabi Adam a.s. sehingga bila qita tidak berhati2 akan hal ini, maka sering kali qt tidak sadar bahwa sesungguhnya Sholat kita belum sempurna. Memang yang qt ketahui kesempurnaan hanya milik Allah swt. semata, namun bila arti sempurna itu qt bandingkan dengan apa yang diharapkan oleh Sang Pencipta maka akan terasa berat bagi qt untuk menjalankannya. Akan lebih terasa ringan bila kesempurnaan itu qt sejajarkan sama halnya seperti usaha para Saudara2 muslim qt. Seperti yang disampaikan oleh para Cendekia terdahulu bahwa "manusia hanya sebatas berusaha dan berdo'a" .
Jadi janganlah qt putus semangat saat berusaha bila hasil yang qt dapat tidak sesuai dengan yang qt harapkan.
Seperti biasa dari dulu q melaksanakan Sholat "walaupun masih bolong2" ,pada awalnya setiap kali sholat ya sama halnya seperti yang diajarkan oleh Guru baik di sekolah maupun di Taman Pendidikan Al-Qur'an, seiring berjalannya waktu karna q mendalami bagaimana sesungguhnya menjalankan Sholat yang benar, hingga akhirnya q sadari bahwa untuk mencapai kekhusyukan Sholat itu tidak mudah, namun q dapat menarik satu cara agar Sholat yang q kerjakan bisa khusyuk walaupun bila dinilai tidak sampai angka 100%.
Yang perlu qt sadari saat sholat itu ada syetan yang namanya "setan pengingat" (saat q tulis namanya setan ini kliatanyya marah..hahahha)
Jd pas qt Sholat ada aja yang dibisikkannya tentang kelupaan qt ,seperti :
- lupa belum telpon pacar
- lupa kl belum beli pulsa
- lupa blm ngandangin ayam
- lupa belum absen d tempat kerja
- lupa naroh uang
- lupa belum bayar cicilan kreditan
- dll
Intinya segala sesuatu yang saat tidak beribadah qt berusaha untuk mengingat namun sulit, tapi sewaktu qt Sholat justru seakan2 qt diingatkan tentang kelupaan qt. Bila qt tidak menyadari hal itu maka bisa saja qt menganggap bahwa itu semua adalah sat petunjuk dari Allah swt.
TAPI SALAH....
SEGALA SESUATU YANG MEMUTUSKAN HUBUNGAN QT DENGAN ALLAH SWT ITU ADALAH AKAL2AN si SETAN sialan TADI.
Pernah q diberi gambara oleh temanq (antara pemancar sinyal, hanphone, sinyal & gangguan). Saat qt Sholat (beribadah) itu bila digambarkan qt sebagai sebuah HANPHONE bila qt khusyuk SINYAL itu akan terus tersambung dengan pemancar pusatnya. Namun saat sadetik saja qt lengah akan gangguan, saat itu juga sinyal qt terputus sehingga qt tidak dapat berkomunikasi langgsung dengan Allah swt.
Bahkan bila saat Sholat pun qt fokus mendengarkan orang mengaji itu sama halnya sinyal qt telah diganggu.
Karna pada hakekatnya Sholat itu hanya hubungan qt seorang dengan Allah swt. Tidak dengan yang lain...
Lalu bagaimana biar sholat qt mendekati khusyuk, berikut beberapa hal yang bisa q bagi agar qt smw bs blaajar dari kekurangan & kelebihan masing2...

*. Belajar menyelaraskan Hati, Mulut & Fikiran

      Saat Sholat sering qt mengucapkan bacaan2 Sholat namun qt tidak menyadari bila mulut qt berucap tapi fikiran ataw hati qt terisi oleh gambaran2 yang ada di dunia ini. Y itu adalah ulah si setan sialan tadi yang berusaha untuk memecah konsentrasi ibadah qt....
      Cara mudah menepis bisikan setan itu td adalah dengan jalan qt mesti belajar menyelaraskan antara MULUT, HATI & FIKIRAN.
       Contohnya saat qt baca Al-Fatikah berusahalah agar:
- Mulut mengucap (berbisik)
- Hati jg mengucapkan
- Telinga mendengar ucapan dr Hati
        Bila sulit, bayangkan aj kl qt mendengar suara dr didalam hati qt atw yang tanpa qt sadari tp sering qt lakukan adalah menggunjing (ngrasani = bhs Jawa) orang lain. Saat qt menggunjing seakan2 terdengar suara dari dalam hati qt (suara hati). Atw jg saat qt membaca tulisan dalam hati (tulisan ini..hehehehe) .
- Dari Fikiran qt jg seakan2 ikut mengucap.
Bisa langsung dicoba di depan layar komputer km..Bacalah Al-Fatikah, selaraskan mulut hati & fikirannmu. Bila selesai.. rasakan bila dr hati & mulut sudah terasa mengucap Al-Fatikah, apakah saat td fikiran km jg ikut mengucap atw terisi hal2 yang lain,,,??? Bila iya maka "ANDA BELUM BERUNTUNG" silahkan dicoba lagi atw bs dicoba lain waktu kl saat ini lg g sempat...
     Beberapa hal  tersebut yang mampu q pelajari sendiri dari bagaimana cara menjalankan Sholat (ibadah) agar bisa khusyuk...walaupun emang susah juga untuk menjaga itu, namun setiap kali q  Sholat selalu berusaha....
Untuk sementara itu dl yang bs q tulis lain waktu bs qt berbagi hal2 lain yang bs mnambah Kadar Iman & Taqwa qt kepada Allah swt....
Bila ada sobat blogger yang punya pengalaman pribadi jg boleh dikomen nanti q masukin q postingq biar jd satu rangkuman belajar qt semua..
Wassalam....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar