Ciri-ciri makhluk hidup

Benda di sekitar kita dapat dibedakan menjadi makhluk hidup dan makhluk tak hidup. makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang tidak dipunyai oleh makhluk tak hidup.

1. Makhluk Hidup Tumbuh
sumber:pusgur.com
Jika Tuhan mengizinkan, bayi dapat tumbuh dewasa


    Dari gambar disamping kita bisa melihat perbedaan ukuran tubuh manusia, dimulai dari ukuran tubuh bayi yang kecil dan lemah. kemudian seorang bayi dapat tumbuh menjadi anak-anak,remaja, dewasa, dan tua.
   Perubahan itu menunjukan bahwa kita mengalami pertumbuhan.



2. Makhluk Hidup Bergerak
sumber: bankgambar.com
    Semua makhluk hidup melakukan gerak, kita berjalan dan berlari menggunakan kaki, ular merayap menggunakan perut, belalalng melompat menggunakan kaki dan sayap, kupu-kupu terbang menggunakan sayap, ikan berenang menggunakan sirip, serta burung terbang menggunakan sayap.
    Tumbuhan bergerak, tetapi tidak berpindah tempat. 


Terjadinya gerak pada tumbuhan ditunjukan oleh hal-hal sebagai berikut. Akar tumbuhan bergerak mendekati air. Tunas daun dan batang bergerak ke arah datangnya cahaya. pada malam hari, daun-daun tumbuhan bergerak menutup.Gerak tumbuhan yang paling jelas dapat di amati pada tanaman putri malu. apabila disentuh, daun putri malu akan bergerak (menguncup).


3. Makhluk Hidup Bernapas 
sumber:paru-paru.com
   Semua makhluk hidup bernapas, bernapas artinya menghisap udara yang banyak mengandung oksigendan mengeluarkan gas karbon dioksida serta uap air. Dalam tubuh kita oksigen diperlukan untuk proses pembakaran zat makanan. pembakaran zat makanan dalam tubuh menghasilkan energi(tenaga). adapun sisanya berupa gas karbon dioksida dan uap air. Selanjutnya energi itu digunakan untuk melakukan aktivitas dan menjaga suhu tubuh.
    Cara bernapas makhluk hidup bermacam-macam. Misalnya, manusia bernapas dengan paru-paru. paru-paru kita terletak dirongga dada.
     ikan bernapas dengan insang.Insang terletak di kepala . karena banyak mengndung saluran darah, insang selalu berwarna merah. insang hanya mampu mengambil oksigen yang larut dalam air. oleh karena itu ikan hanya hidup didalam air. Jika keluar dari air, ikan akan mati karena tidak dapat bernapas.
Tumbuhan juga membutuhkan oksigen untuk bernapas. Tumbuhan bernapas dengan seluruh kulitnya. Udara dapat dihisap melalui mulut daun, pori-pori kulit batang, dan melalui akar. Mulut daun disebut stomata, sedangkan pori-pori kulit batang disebut lentisel .


 4. Makhluk hidup memerlukan makanan
     Makanan diperlukan untuk memperoleh energi. 
sumber: pixabay.com
Dengan energi, makhluk hidup mampu melakukan aktifitas. aktifitas itu misalnya mencerna makanan, berjalan, dan berlari. Keperluan makanan dapat kita rasakan pada saat kita lapar. Pada saat itu badan terasa lemas dan tidak bertenaga. Jika dibiarkan, kita akan sakit.
Manusia dapat meninggal dunia jika tidak makan selama berhari-hari. Jadi, manusia memerlukan makanan agar tetap hidup.
    Hewan juga memerlukan makanan. ada hewan yang makanannya berasal dari tumbuhan, contohnya kambing, sapi, dan kuda. Ada hewan yang makanannya berasal dari hewan lain, contohnya harimau, singa, dan buaya.
    Cara mendapatkan makanan tumbuhan tidak sama dengan manusia dan hewan. Tumbuhan berhijau daun dapat membuat makanannya sendiri.

5. Makhluk Hidup Menanggapi Rangsan
    Tubuh kita akan menggigil jika kedinginan. Tubuh kita akan berkeringat jika kepanasan. Kita akan tertawa jika melihat sesuatu yang lucu dan menangis jika sedih.Hal-hal tersebut merupakan bukti bahwa manusia menanggapi rangsang.

6. Makhluk Hidup Berkembang Biak
sumber:http:http:bintang.com
    Semua makhluk hidup berkembang biak. Artinya makhluk hidup menghasilkan keturunan yang sama dengan induknya.. Perkembangbiakan makhluk hidup dilakukan dalam rangka  mempertahankan jenisnya agar tidak punah.
   Cara berkembangbiak hewan bermacam-macam. Ada hewan yang berkembang biak dengan bertelur, seperti ayam, itik, dan ikan. Ada juga hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan, seperti kambing, kuda, kelinci, sapi.


sumber:www.tigaserangkai.com

Komentar